Tips Merawat Kulit Bagi Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Salah satu gangguan kesehatan yang sering menerpa penderita diabetes adalah masalah pada kulit. Penyakit diabetes membuat kulit kering dan pecah-pecah yang membuat anda mudah terluka, gatal, terkena infeksi, serta membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Untuk itu, sebaiknya penderita diabetes merawat kulitnya dengan baik.

Tips Merawat Kulit Bagi Penderita Diabetes

Saat kadar gula darah tinggi, ginjal akan menghasilkan urine dalam jumlah banyak untuk mengeluarkan glukosa yang berlebih. Akibatnya tubuh akan kekurangan cairan dan kulit menjadi kering. Kulit juga bisa kering akibat komplikasi diabetes berupa kerusakan saraf yang bertugas mengatur kelenjar di kulit untuk menghasilkan keringat. Sedangkan glukosa yang ikut keluar dalam keringat adalah media yang baik bagi pertumbuhan jamur di kulit.

Sebagian besar masalah pada kulit penderita diabetes dapat sembuh bila ditangani dengan cepat. Namun jika dibiarkan luka yang kecil sekalipun dapat menimbulkan dampak yang serius bagi penderita diabetes. Agar terhindar dari masalah kulit tersebut, berikut ini ada beberapa tips merawat kulit bagi penderita diabetes :

  • Lindungi kulit dari sengatan sinar matahari, salah satunya dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 15 atau lebih. Anda juga perlu melindungi kulit dari udara dingin atau angin termasuk bagian telinga dan wajah, misalnya dengan menggunakan topi, masker, sarung tangan, dan sepatu.
  • Jangan mandi terlalu lama, karena kulit akan mengerut dan kering jika mandi terlalu lama. Hindari mandi dengan air panas, pilihlah air dingin saat anda ingin mandi. Air panas membuat kulit anda cenderung kering. Selain itu, gunakan sabun yang memiliki kandungan pelembab.
  • Setelah mandi keringkan tubuh menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk bukan digosok. Pakailah pelembab atau lotion untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Saat cuaca panas dan kering gunakan humidifier di dalam ruangan untuk menambah kelembapan udara.
  • Jaga agar kulit tetap bersih dan tidak basah (tidak terlalu banyak keringat yang keluar). Taburkan bedak pada bagian lipatan kulit, agar kelembapannya terjaga. Keringat memang membantu dalam menjaga kelembapan kulit. Namun keringat juga menjadi sumber berkembangnya kuman.
  • Pilihlah pakaian dari bahan katun, karena jenis kain ini paling bagus kualitasnya dalam hal penyerapan keringat. Pakaian berbahan katun juga sangat nyaman dikenakan.
  • Jika kulit kering dan terasa gatal jangan di garuk. Lebih baik oleskan pelembab.
  • Hindari penggunaan terlalu banyak produk untuk kulit, untuk mengurangi terjadinya reaksi alergi dan iritasi pada kulit.
  • Pilih produk perawatan kulit wajah yang berlabel noncomedogenic dan nonacnegenic. Jika anda rentan terhadap jerawat, bicarakan dengan ahli dermatologi sebelum memilih pelembab wajah.
  • Selalu cek kondisi tubuh terutama kaki setiap hari, agar jika terdapat luka dapat segera ditangani.
  • Kenakan sepatu atau sandal yang nyaman dan tidak terlalu sempit dan selalu kenakan alas kaki saat beraktivitas.
  • Jika terdapat luka kecil sebaiknya basuh bagian luka tersebut dengan air hangat, oleskan salep antibiotik, dan tutup luka dengan perban atau kain kassa. Gantilah perban setiap hari.
  • Saat anda mengalami luka yang tidak kunjung sembuh dan infeksi sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Nah, itulah beberapa tips merawat kulit bagi penderita diabetes. Tidak seperti bagian tubuh lain, masalah pada kulit mudah dideteksi karena dapat dengan mudah anda amati. Agar tidak terjadi masalah yang serius pada kulit, mulai sekarang penderita diabetes harus merawat kulitnya denga lebih baik lagi. Selain itu, penderita diabetes juga harus tetap mengintrol kadar gula darah dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan pengobatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *