Persiapan Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Itu artinya akan tiba waktunya bagi umat muslim untuk berpuasa sebulan penuh. Bagi penderita diabetes puasa ramadhan tetap dapat dijalankan, namun tentunya dengan persiapan yang lebih. Penderita diabetes perlu mengontrol kadar gula darahnya dengan baik, agar tetap sehat ketika menjalankan puasa.

Persiapan Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Selama berpuasa akan terjadi beberapa perubahan, mulai dari perubahan asupan cairan, perubahan jadwal dan pola makan, serta aktivitas pada siang hari. Semua itu membuat persiapan berpuasa pada penderita diabetes harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu.

Saat berpuasa kadar gula darah akan turun. Hal ini bisa menjadi masalah yang serius bagi penderita diabetes jika sampai terjadi hipoglikemia. Jumlah hormon insulin bisa berkurang dan hormon yang fungsinya berkebalikan dengan insulin yaitu glukagon dan adrenalin meningkat. Kedua hormon ini berfungsi memecah glikogen sehingga memicu pembentukan keton dari hasil pemecahan non karbohidrat.

Kadar gula darah penderita diabetes harus normal terlebih dahulu sebelum berpuasa, sehingga saat berpuasa tidak terjadi gangguan metabolisme yang berkaitan dengan gula darah. Sebelum melaksanakan puasa penderita diabetes harus melakukan kontrol terlebih dahulu. Pengecekan kadar gula darah, tensi, fungsi ginjal, kolesterol, indeks massa tubuh, dan berat badan perlu dilakukan untuk mengetahui kesiapan tubuh dalam menjalankan puasa.

Dari hasil pemeriksaan tersebut dokter akan memutuskan penderita diabetes aman atau tidak untuk berpuasa. Pada kondisi tertentu seperti penderita diabetes yang mengalami komplikasi kelainan ginjal, perlu lebih berhati-hati. Karena berpuasa dapat menyebabkan komplikasinya bertambah berat.

Selain kadar gula darah yang harus dikontrol, jadwal dan dosis minum obat juga harus dimodifikasi. Perubahan konsumsi obat misalnya dari semula tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Obat yang biasa diminum saat pagi hari dirubah menjadi diminum setelah berbuka. Obat yang diminum saat sahur biasanya dilewatkan atau dikurangi dosisnya menjadi setengah. Pengaturan minum obat tersebut harus dikonsultasikan dengan dokter.

Persiapan berpuasa bagi penderita diabetes sebaiknya dilakukan dari dua sampai tiga bulan sebelum berpuasa. Hal ini dilakukan agar saat berpuasa tubuh sudah siap dan bisa beradaptasi dengan kondisi berpuasa. Selain itu, jika anda mengalami keluhan selama berpuasa sebaiknya segera periksakan kondisi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *