Penyakit Kulit yang Sering Dialami Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Penderita diabetes sangat rentan terkena berbagai masalah kesehatan, salah satunya pada kulit. Adanya efek perubahan metabolisme dan berubahnya susunan kolagen di kulit mengakibatkan munculnya penyakit kulit yang sering dialami penderita diabetes. Diperkirakan sekitar 30% dari penderita diabetes akan mengalami masalah pada kulit.

penyakit kulit yang sering dialami penderita diabetes

Berikut ini beberapa penyakit pada kulit yang sering dialami oleh penderita diabetes :

1. Infeksi Bakteri
Penderita diabetes lebih rentan terserang infeksi bakteri karena lambatnya aliran darah dan sistem kekebalan tubuh yang menurun. Infeksi bakteri menyebabkan masalah kulit seperti benjolan kelopak mata, bisul, infeksi kuku, infeksi dalam kulit dan jaringan di bawahnya. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Bagian kulit yang terkena infeksi akan menjadi merah, panas, nyeri dan bengkak.

2. Infeksi Jamur
Penyakit kulit pada penderita diabetes salah satunya disebabkan oleh infeksi jamur candida albicans. Infeksi jamur ini sering terjadi di daerah lipatan kulit seperti ketiak, bawah payudara, paha, atau pada wanita sering juga terjadi di sekitar vagina. Jamur ini menyebakan rasa gatal, kemerahan, bisul dan kerak.

3. Pruritus
Pruritus adalah rasa gatal pada seluruh atau sebagian tubuh seperti tangan atau kaki. Bagian kulit yang terkena pruritus akan menimbulkan ruam, benjolan kemerahan, kulit kering yang pecah-pecah, dan tekstur yang menyerupai kapalan atau bersisik. Pruritus bisa disebabkan oleh jamur, kulit kering, atau peredaran yang tidak lancar. Saat gatal terjadi karena peredaran darah, biasanya bagian bawah kaki yang terkena dampaknya.

4. Scleredema Diabeticorum
Kondisi ini ditandai dengan menebalnya kulit pada bagian belakang leher dan punggung atas. Masalah kulit ini biasanya menyerang penderita diabetes tipe 2. Penderita scleredema diabeticorum bisa menggunakan lotion atau pelembab untuk membantu melembutkan kulit.

5. Vitiligo
Vitiligo adalah penyakit yang merusak pigmen yang mengatur warna kulit dan menyebabkan timbulnya bercak putih pada kulit. Vitiligo biasanya terjadi pada area dada, perut, wajah, sekitar mulut, hidung, dan mata. Penderita vitligo harus melindungi kulitnya menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk mencegah sengatan matahari.

6. Acanthosis Nigricans
Kondisi ini ditandai dengan daerah gelap serta tekstur seperti beludru di lipatan tubuh. Kulit yang terkena menjadi menebal dan mungkin bau. Acanthosis nigricans biasanya terjadi pada ketiak, pangkal paha dan leher. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang mengalami obesitas dan diabetes tipe 2.

Itulah daftar penyakit kulit yang sering dialami oleh penderita diabetes. Agar terhindar dari penyakit kulit seperti di atas, sebaiknya penderita diabetes lebih memperhatikan kebersihan tubuh dan lingkungan. Hal lain yang tidak kalah penting adalah selalu menerapkan pola hidup yang sehat seperti konsumsi makanan sehat, hindari makanan yang bisa menaikan kadar gula darah, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga agar kadar gula darah tetap dalam keadaan stabil, sehingga tidak menimbulkan masalah pada kulit dan masalah kesehatan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *