Pengobatan Diabetes Secara Alami Dengan Buah Mengkudu

obatdiabeteskronis.org – Baunya yang menyengat dan bentuknya yang tidak menarik membuat buah mengkudu tidak diminati untuk dikonsumsi. Namun dibalik semua itu, buah mengkudu memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Buah ini sudah dikenal sejak dulu sebagai obat tradisonal yang dapat mengobati berbagai penyakit. Salah satunya buah mengkudu bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan diabetes secara alami.

pengobatan diabetes secara alami dengan buah mengkudu

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan telah banyak diteliti oleh para ahli. Berikut ini beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan :

  • Buah mengkudu mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh seperti vitamin, protein, dan mineral. Semua kandungan nutrisi tersebut juga sangat baik untuk penderita diabetes.
  • Kandungan antioksidan tinggi dalam buah mengkudu dapat mencegah masuknya radikal bebas dan mikroorganisme penyebab penyakit seperti virus, jamur, dan bakteri.
  • Terpenoid pada buah mengkudu berkhasiat untuk memulihkan sel-sel tubuh yang rusak.
  • Scolopetin yang merupakan senyawa alami dalam buah mengkudu dapat mencegah dan mengobati peradangan, serta sebagai obat alergi.
  • Zat anti bakterial dalam buah mengkudu mampu membunuh bakteri-bakteri dalam tubuh yang dapat menyebabkan infeksi.
  • Terdapat senyawa alami asetil yang berfungsi sebagai pembunuh kuman.
    Buah mengkudu dapat mencegah dan menjaga daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Pada penderita diabetes buah mengkudu dapat membantu memulihkan kadar gula darah yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, bahwa pada penderita diabetes organ pankreas mengalami kerusakan, karena banyakanya sel-sel penyusunnnya yang mati. Kandungan zat proseronin dalam sari buah mengkudu mampu meregenerasi dan merevitalisasi sel-sel penyusun pankreas. Dengan demikian sel beta pankreas akan menjadi normal dan dapat menghasilkan cukup insulin untuk menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, kandungan dalam buah mengkudu juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah luka penderita diabetes megalami infeksi.

Hasil studi dari Nigerian Quarterly Journal of Hospital Medicine pada tahun 2008 menemukan fakta, bahwa menambahkan jus mengkudu dalam perawatan insulin lebih efektif dalam mengontrol kadar gula darah pada tikus laboratorium. Kemudian sebuah tim peneliti di University of The West Indies mempelajari fermentasi jus mengkudu pada tikus diabetes. Setiap tikus diberi fermentasi tersebut 2 ml/kg berat badan tikus setiap hari selama 20 hari. Hasilnya tikus yang diobati dengan fermentasi jus mengkudu tersebut menunjukan penurunan kadar gula darah yang signifikan. Kemudian para peneliti menyimpulkan bahwa efek tersebut mungkin karena senyawa triterpen dan saponin dalam mengkudu. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam “Evidence Based Complementary and Alternative Medcine” pada bulan oktober tahun 2010.

Cara Mengolah Buah Mengkudu untuk Pengobatan Diabetes

Untuk mengobati penyakit diabetes anda bisa mengolah buah mengkudu menjadi jus. Mengolah mengkudu menjadi jus sangatlah mudah, berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pilih 2 buah mengudu yang sudah tua atau matang, cirinya buah berwarna putih dan sudah tidak ada hijaunya.
  2. Kemudian cuci bersih dan biarkan selama 2 hari agar menjadi lunak.
  3. Kupas kulitnya lalu blender dengan menambahkan air hangat secukupnya. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok madu jika tidak suka dengan rasa pahitnya.
  4. Saring jus mengkudu yang sudah diblender.
  5. Minum jus mengkudu 1 gelas sehari.

Selama menjalankan pengobatan dengan buah mengkudu anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan dan minuman manis selain madu. Anda juga perlu rutin melakukan olahraga ringan dan istirahat yang cukup agar pengobatan tersebut membuahkan hasil. Selain itu, periksakan kadar gula darah secara rutin agar tetap terkontrol dengan baik.

Meskipun buah mengkudu bermanfaat untuk mengobati diabetes, penderita diabetes sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi buah ini. Buah mengkudu mengandung banyak kalium. Jika anda menderita penyakit ginjal, buah mengkudu harus dihindari. Laporan lain juga menunjukan bahwa buah mengkudu dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Sebaiknya anda konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengkonsumsi buah mengkudu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *