Menu Sarapan Sehat Untuk Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Sarapan sangat penting bagi semua orang, agar lebih berenergi ketika beraktivitas sepanjang hari. Banyak ahli gizi mengatakan bahwa melewatkan sarapan atau memilih menu sarapan yang tidak sehat akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Bagi penderita diabetes sarapan dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Bukan asal sarapan, makanan yang dikonsumsi pun harus sehat. Menu sarapan sehat untuk penderita diabetes harus mengandung gizi yang seimbang dan tidak menaikkan kadar gula darah.

Menu Sarapan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Makanan untuk sarapan penderita diabetes sebaiknya diatur sedemikian rupa. Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak jenuh. Sarapan sehat bagi penderita diabetes pada dasarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan orang sehat. Hanya saja pengaturan kadar gula dan porsi yang perlu diperhatikan. Berikut ini daftar menu sarapan sehat untuk penderita diabetes yang dianjurkan dikonsumsi :

Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat yang dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Selain itu, oatmeal juga kaya akan asam lemak omega 3, folat, dan kalium yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika anda merasa bosan mengkonsumsi oatmeal, anda bisa mengkreasikan menu oatmeal dengan menambahkan bahan lainnya seperti buah-buahan atau susu rendah lemak.

Roti Gandum
Roti sangat digemari sebagai menu sarapan. Selain simpel, roti pun enak dan mengenyangkan. Sayangnya, banyak penderita diabetes khawatir makan roti karena kadar kalorinya yang tinggi. Para ahli gizi menyarankan untuk menghindari roti yang terbuat dari tepung terigu dan menggantinya dengan roti dari gandum. Anda juga bisa menambahkan madu atau selai kacang yang rendah gula pada roti gandum.

Telur
Telur kaya akan protein serta mengandung vitamin dan mineral. Sarapan dengan mengkonsumsi telur bisa membuat perut kenyang lebih lama. Penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi telur yang direbus. Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, maka disarankan untuk mengkonsumsi putih telurnya saja, jangan menkonsumsi kuningnya, karena kuning telur mengandung lemak yang cukup tinggi.

Almond dan Buah Segar
Kacang almond dan buah segar merupakan perpaduan yang baik untuk menu sarapan sehat bagi penderita diabetes. Apel, jeruk dan pir adalah buah yang disarankan dikonsumsi saat sarapan. Semua makanan tersebut rendah gula dan kalori, sehingga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes.

Yoghurt Rendah Lemak
Yoghurt tawar (plain yoghurt) yang rendah lemak sangat baik untuk melengkapi menu sarapan penderita diabetes. Yoghurt kaya akan protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Sarapan dengan yoghurt juga akan membuat anda kenyang lebih lama. Kandungan indeks glikemiknya yang rendah, dapat mengontrol kadar gula darah.

Selain mengkonsumsi menu di atas, penderita diabetes juga harus konsisten dalam menjaga waktu dan porsi sarapan. Makanlah dalam waktu yang sama setiap hari dan sesuaikan porsi makan dengan berat badan atau sesuai saran dokter. Dengan demikian kadar gula darah anda akan selalu terkontrol.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *