Mengatasi Luka pada Kaki Penderita Diabetes dengan Daun Kersen

obatdiabetes.org – Pohon kersen dapat tumbuh dimana-mana, bahkan di Indonesia pohon tersebut dapat tumbuh sendiri tanpa perawatan. Buah kersen selain rasanya yang manis, juga terkenal akan khasiatnya dalam mengobati asam urat. Selain buahnya, ternyata daun kersen juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting untuk kesehatan terutama bagi penderita diabetes. Daun kersen berkhasiat untuk mengobati luka penderita diabetes yang sulit sembuh, termasuk luka pada kaki.

cara mengatasi luka pada kaki penderita diabetes dengan daun kersen

Sejak zaman dulu daun kersen dikenal sebagai ramuan alami yang dapat menurunkan kadar gula darah. Karena kandungan saponin dan flavonoidnya yang cukup tinggi, daun kersen mampu mensekresikan hormon insulin yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula. Daun kersen juga berfungsi sebagai antiseptik alamiah yang mampu membunuh bakteri atau jamur pada luka penderita diabetes yang mengalami infeksi. Selain itu, berperan juga sebagai antinflamasi yang dapat menurunkan gejala inflamasi atau radang pada luka.

Manfaat lain daun kersen yaitu dapat menjaga fungsi otot jantung dan menormalkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian telah membuktikan jika daun kersen sangat bekerja aktif untuk melindungi fungsi otot jantung dan melancarkan pembuluh darah menuju jantung. Kandungan senyawa di dalamnya juga mampu mengurangi kadar kolesterol tinggi yang marupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Dengan demikian penderita diabetes bisa terhindar dari komplikasi penyakit jantung.

Cara Mengolah Daun Kersen untuk Obat Luka pada Kaki Penderita Diabetes

Untuk mengobati luka pada kaki penderita diabetes daun kersen dapat diolah dengan cara direbus untuk diminum airnya. Berikut ini cara pengolahannya :

  • Ambil 10-12 lembar daun kersen yang agak tua.
  • Cuci menggunakan air mengalir sampai bersih.
  • Rebus daun kersen dengan takaran 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas.
  • Setelah itu diamkan hingga hangat, kemudian minum ramuan sampai habis.
  • Minumlah 1 gelas air rebusan daun kersen 3 kali sehari.

Anda juga bisa membuat teh dari daun kersen dengan cara berikut :

  • Cuci bersih daun kersen, kemudian simpan di tempat yang teduh dan biarkan daunnya layu dan mengering dengan sendirinya.
  • Daun kersen tidak boleh dijemur oleh sinar mathari langsung.
  • Setelah itu ambil daun kersen yang telah dikeringkan tadi sebanyak 10 lembar dan diseduh dengan air 1 gelas.
  • Minumlah sebanyak 1 gelas di pagi dan sore hari.

Bagian kaki yang luka juga bisa dioles atau dibalur dengan daun kersen yang telah dihaluskan. Pengolesan dilakukan 3 kali sehari agar mempercepat proses penyembuhan luka.

Itulah cara mengatasi luka pada kaki penderita diabetes dengan daun kersen yang bisa anda coba. Pengobatan ini harus dilakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun dalam mengolah dan mengkonsumsi daun kersen ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

  • Jangan mengkonsumsi air rebusan atau seduhan daun kersen lebih dari 5 gelas sehari. Hal ini dikarenakan daun kersen memiliki zat antiinflamasi atau antibiotik kuat yang dapat berubah membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Cucilah dengan air yang bersih secara berulang kali untuk menghilangkan kotoran atau bakteri pada daun kersen.
  • Sebaiknya tidak mencampur daun kersen dengan bahan herbal lainnya, walaupun bahan herbal tersebut memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tertentu. Pencampuran tersebut hanya akan mengurangi efek dan kualitas menyembuhkan dari zat yang ada pada daun kersen tersebut.
  • Tidak dianjurkan diberikan pada anak-anak atau yang belum berusia 18 tahun, untuk menghindari gangguan lambung dan juga perut akibat alergi pada zat dalam daun kersen.
  • Ibu hamil sebaiknya tidak minum rebusan air daun kersen, namun tetap bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan atau membalurkan daun kersen yang telah dihaluskan pada bagian luka.

Sekian artikel mengenai mengatasi luka pada kaki penderita diabetes dengan daun kersen. Semoga bermanfaat dan bisa membawa kesembuhan bagi anda. Selain itu, anda juga dapat mengobati luka pada kaki penderita diabetes dengan produk kesehatan herbal QnC Jelly Gamat yang terbukti ampuh dalam mengeringkan dan menyembuhkan luka dengan meregenerasi sel dan jaringan kulit yang rusak bahkan membusuk sekalipun, menjadi normal kembali seperti semula. Untuk informasi selengkapnya Klik Disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *