Manfaat Minum Teh Bagi Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Diabetes merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia. Meski demikian penderita diabetes jangan dulu berkecil hati, karena penyakit ini masih bisa dikendalikan dengan menjalani pola hidup sehat, salah satunya dengan kebiasaan minum teh. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa minum teh setiap pagi dapat memberikan manfaat luar biasa bagi penderita diabetes.

manfaat minum teh bagi penderita diabetes

Teh sejak zaman dahulu telah dikenal sebagai minuman yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Di Jepang dan China teh telah menjadi minuman wajib untuk meningkatkan kesehatan masyarakatnya. Para ahli meyakini bahwa minum tiga gelas teh tiap hari dapat membantu tubuh mengontrol gula darah lebih efektif. Kandungan polifenol dalam teh membantu para penderita diabetes untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan demikian hormon insulin akan menurunkan kadar gula darah dengan memungkinkan glukosa memasuki sel-sel tubuh, dimana glukosa ini akan digunakan untuk energi atau disimpan sebagai cadangan.

Senyawa aktif yang terkandung dalam teh bisa membanu memperlambat penyerapan gula dalam usus kecil, sehingga sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Teh diketahui dapat meningkatkan kadar asam lemak tak jenuh, sehingga membuat sel membran lebih mudah ditembus. Akibatnya akan lebih banyak glukosa dalam darah yang bisa terserap oleh sel sehingga kadar gula darah dapat kembali stabil. Senyawa ini juga dipercaya bisa memangkas lemak dan kolesterol dalam tubuh yang merupakan penyebab obesitas.

Penderita diabetes beresiko tinggi terkena penyakit jantung. Peneltian terbaru mengungkapkan bahwa penderita diabetes yang mengkonsumsi teh hijau atau teh hitam setiap pagi bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Teh mampu membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

Teh juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah penderita diabetes yang cenderung tinggi. Sebuah penelitian di Jepang menyebutkan bahwa teh dapat menghambat tekanan darah. Tim peneliti dari University of Shizuoka menemukan bahwa salah satu kandungan dalam teh bernama L-theanin dapat mengurangi ketegangan dan kecemasan. Selain L-theanin teh mengandung juga flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Penelitian lain yang dilakukan peneliti dari Australia menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi tiga cangkir teh sehari dapat menurnkan tekanan darah rata-rata dua sampai tiga poin dibandingkan mereka yang tidak minum teh.

Penderita diabetes sering kali dilanda stress karena penyakitnya yang tidak kunjung sembuh. Dengan minum teh hangat maka tubuh akan melepaskan hormon stress, sehingga anda menjadi lebih rileks. Stress juga bisa meningkatkan resiko penderita diabetes terkena kanker pankreas. Dengan kandungan polifenol yang terdapat di dalamnya, teh mampu mencegah timbulnya sel kanker tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat minum teh bagi penderita diabetes. Dengan demikian anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi teh. Namun perlu diingat, sebaiknya jangan menambhakan gula atau pemanis lainnya ke dalam teh yang anda minum. Selain itu, perlu juga mempertimbangkan jenis teh yang diminum. Untuk hasil terbaik, cobalah minum teh hijau mengingat kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Dengan begitu anda akan mendapatkan menfaat lebih banyak dibandingkan dengan minum teh jenis lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *