Manfaat Ketan Hitam untuk Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Ketan hitam yang biasa dijadikan bahan pembuatan jajanan pasar, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama bagi penderita diabetes. Bahkan menurut literatur kesehatan, beras ketan hitam adalah beras yang paling baik untuk dikonsumsi. Penderita diabetes juga bisa menjadikan ketan hitam sebagai makanan pengganti nasi untuk memenuhi asupan karbohidrat harian. Penggunaan ketan hitam sebagai pengganti nasi memang belum terlalu umum. Apalagi jika mengingat rasanya yang jauh berbeda. Namun, mengingat manfaat ketan hitam untuk penderita diabetes sangat baik, maka anda patut mencobanya.

Khasiat dan Manfaat Ketan Hitam dalam Mengobati Penyakit Diabetes

Dalam ketan hitam terkandung zat besi yang tinggi yaitu mencapai 15,52 ppm. Selain itu, ada juga kandungan lain berupa zat antichyanin, yaitu antioksidan tinggi dengan fungsi utama melindungi kerusakan sel akibat oksidasi zat berbahaya seperti pewarna makanan, obat-obatan, pestisida, dan lain-lain. Antioksidan dalam ketan hitam juga bisa melindungi sistem kardiovaskular serta dapat mencegah penyakit kanker dan jantung.

Manfaat Ketan Hitam untuk Penderita Diabetes

Manfaat ketan hitam untuk penderita diabetes berhubungan dengan kemampuannya dalam meningkatkan metabolisme. Mengkonsumsi ketan hitam dapat meningkatkan penggunaan gula sebagai energi, sehingga pelepasan gula ke dalam aliran darah dapat dicegah secara efektif. Seperti yang kita ketahui, tubuh penderita diabetes memang sedang mengalami gangguan metabolisme, karena kurangnya produksi insulin atau reseptor insulin tidak bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan gula yang dihasilkan dari karbohidrat akan semakin menumpuk di dalam tubuh. Kelebihan gula akan cenderung dilepaskan ke dalam aliran darah, sehingga kadar gula darah mengalami kenaikan. Karena itu, jika fungsi metabolisme semakin ditingkatkan, maka pemanfaatan gula sebagai energi juga semakin meningkat sehingga pelepasan gula ke dalam aliran darah pun berkurang. Pada akhirnya kadar gula darah akan turun.

Konsumsi ketan hitam secara teratur juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes yang memang memiliki kekebalan tubuh rendah. Selain itu, ketan hitam juga dapat menjaga fungsi ginjal, sehingga resiko kerusakan ginjal pada penderita diabetes bisa dikurangi. Apalagi mengingat tugas ginjal akan semakin berat jika adanya kelebihan gula dalam darah.

Mengkonsumsi ketan htam sebagai pengganti nasi pun susdah bagus untuk penderita diabetes. Namun agar lebih efektif dalam menurunkan kadar gula darah anda bisa menyeduhnya dengan air panas dengan cara berikut :

  • Siapkan 3 sendok ketan hitam dan masukan ke dalam gelas.
  • Seduh dengan segelas penuh air panas.
  • Tunggu sampai dingin, baru diminum.
  • Sebaiknya diminum 3 kali sehari, setiap pagi, siang, dan sore.
  • Setelah kadar gula darah normal, konsumsi seduhan ketan hitam 2 kali dalam seminggu.

Itulah ulasan mengenai manfaat ketan hitam untuk penderita diabetes. Meskipun keta hitam dapat menurunkan kadar gula darah, anda tetap harus menjaga pola makan, isitirahat yang cukup, dan rutin berolaharaga agar hasil yang didapat maksimal. Pengecekan kadar gula darah secara rutin juga perlu dilakukan agar kadar gula darah selalu terkontrol. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *