Manfaat Kacang Panjang Untuk Pengobatan Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Berbagai pengobatan alami untuk penyakit diabetes sudah banyak muncul belakangan ini. Sebenarnya bahan alami lebih baik untuk dikonsumsi dibanding bahan kimia, karena tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi tubuh. Selain mengkonsumsi obat herbal, anda juga bisa membuat sendiri obat diabetes dari bahan alami. Salah satunya yaitu dengan kacang panjang yang biasa disajikan dalam makanan. Anda mungkin masih ragu akan pernyataan tersebut. Untuk mengetahui kebenarannya, mari simak penjelasan mengenai manfaat kacang panjang untuk pengobatan diebetes berikut ini.

Manfaat Kacang Panjang Dalam Mengobati Diabetes Secara Alami

Khasiat kacang panjang untuk mengobati diabetes sudah sering dibahas. Kacang panjang bukan hanya sayuran untuk menu makanan sehari-hari, namun juga sangat baik manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Dalam setiap 100 gr kacang panjang, ada kandungan serat sekitar 4 gr yang dapat memenuhi 15% kebutuhan serat harian. Serat yang terkandung dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik dalam menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga bisa membantu untuk kelancaran proses metabolisme lemak.

Manfaat Kacang Panjang Untuk Pengobatan Diabetes

Seorang ahli kedokteran naturopati yang bernama Paavo Airola ND,PhD menyatakan bahwa jus kacang panjang akan merangsang inslet lengerhan di sela-sela jaringan pankreas dalam memproduksi insulin. Karena itu, minum jus kacang panjang secara teratur setiap hari serta olahraga yang teratur akan mengerem kadar gula dalam darah. Pernyataan Paavo ini dipublikasikan oleh Dr. John Heinerman dalam bukunya “Heinerman’s Encyclopedia of Healing Juices.

Dalam satu cangkir jus kacang panjang diketahui memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat. Kandungan nutrisi tersebut antara lain fosfor, kalsium, zat besi, sodium, pottasium, vitamin A, vitamin C, asam folic, dan magnesium. Selain menganjurkan jus kacang panjang, Paavo juga meminta penderita diabetes untuk merubah jam makan menjadi lima kali sehari dengan menambahkan menu jus wortel dan tomat.

Untuk membuat jus kacang panjang, anda bisa menambahkan bahan lainnya seperti tomat dan apel. Berikut ini cara mengolahnya :

  • Siapkan bahan-bahan, yaitu 5 kacang panjang, 1 buah tomat, 1 buah apel, dan air secukupnya.
  • Potong-potong kecil semua bahan, masukan ke dalam blender dan tambahkan air secukupnya.
  • Blender hingga halus dan tuang ke dalam gelas.
  • Minumlah jus tersebut dua kali sehari

Selain dijadikan jus, anda juga bisa mengkonsumsi kacang panjang secara langsung, direbus, atau diolah menjadi makanan lainnya. Namun perlu diingat, jangan sampai menambahkan bahan-bahan yang bisa menaikan kadar gula darah bersama kacang panjang. Mengingat zat purin yang tinggi pada kacang panjang, ada baiknya anda juga tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena bisa menaikan kadar asam urat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *