Manfaat Ikan Gabus Untuk Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Ikan gabus banyak terdapat di perairan Indonesia seperti di sungai, rawa, maupun danau. Banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh dengan mengkonsumsi ikan gabus. Salah satunya yaitu sangat baik untuk membantu pengobatan penyakit diabetes. Namun belum banyak masayarakat yang tahu mengenai khasiat ikan gabus ini. Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya mengenai manfaat ikan gabus untuk penderita diabetes, simaklah uraian berikut ini.

Kandungan Dalam Ikan Gabus yang Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

Seperti yang kita ketahui pankreas pada penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Insulin ini sangat berperan dalam mengatur proses metabolisme karbohidrat dan glukosa. Salah satu kandungan yang terdapat dalam ikan gabus adalah zat albumin. Albumin merupakan sejenis protein yang terdapat dalam darah dan hanya dihasilan oleh hati. Zat ini dapat memperbaiki pankreas agar menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga kadar gula darah stabil.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Penderita Diabetes

Manfaat lain dari albumin yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka, terutama luka pada kulit dengan mempercepat regenerasi sel kulit. Penyakit diabetes kerap kali membuat penderitanya mengalami berbagai komplikasi, salah satunya yaitu luka yang sulit sembuh bahkan membusuk. Dengan albumin yang terkandung dalam ikan gabus, luka pada penderita diabetes akan cepat kering dan sembuh. Selain itu, albumin juga bisa membasmi bakteri pada luka, serta menghilangkan bau menyengat dari luka yang membusuk.

Sebuah penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat ikan gabus untuk penderita diabetes. Penelitian yang dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melakukan pengujian dengan menggunakan hasil ekstraksi ikan gabus. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ekstrak ikan gabus dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan penkreas yang rusak, karena kerusakan jaringan pankreas dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik atau kadar gula darah berlebih.

Meski demikian penelitian ini masih perlu dikembangkan, mengingat pengujian baru dilakukan pada hewan. Penelitian mengenai ikan gabus ini rencanaya akan dikembangkan lagi dalam hal molekular, yang dapat menjadi ilmu baru dalam bidang pengobatan Indonesia.

Bagi anda penderita diabetes yang ingin merasakan khasiat dari ikan gabus, anda bisa memasukan ikan gabus ke dalam menu makanan harian anda. Masaklah dengan cara dikukus atau dijadikan sup, dan hindari memasaknya dengan cara digoreng. Selain mengkonsumsi ikan gabus, penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi jenis ikan lainnya yang kaya protein dan omega 3 seperti ikan salmon, nila, dan cod.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *