Manfaat Daun Seledri Bagi Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Seledri sering digunakan sebagai bahan pelengkap masakan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk pelengkap sup atau makanan lainnya. Di balik semua itu, ternyata daun seledri sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk penderita diabetes.

Manfaat Daun Seledri Bagi Penderita Diabetes

Seledri merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulai dari bagian daun, batang, hingga bagian umbinya. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam seledri antara lain vitamin A, vitamin K, kalium, folat, kalsium, dan serat. Selain itu, terdapat juga kandungan antioksidan yaitu fitonutrien, flavonoid, flavon, fitosterol, dan stilbenoids yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat daun seledri bagi penderita diabetes yaitu dapat menstabilkan kadar gula darah. Serat yang terkandung dalam daun seledri dapat memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula, sehingga peningkatan gula dalam darah meningkat secara perlahan dan membantu mengontrol level glukosa dalam darah. Selain itu, serat juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan bekerja dengan baik.

Daun seledri juga mengandung vitamin K yang dapat mengurangi peradangan, sehingga dapat meningkatkan sensitivtas insulin untuk meningkatkan metabolisme glukosa. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam “Diabetes Care” meneliti asupan vitamin K pada 38.094 pria dan wanita  berusia antara 20 dan 70 tahun. Para peneliti menemukan orang yang menerima asupan vitamin K yang tinggi memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang asupan vitamin K nya rendah.

Penderita diabetes beresiko tinggi untuk terkena penyakit jantung serta gangguan tulang dan sendi. Menurut Medline Plus, mengkonsumsi daun seledri dapat membantu mencegah kondisi kesehatan terkait hal itu. Kalsium dalam daun seledri juga dapat melindungi pembuluh darah dan tulang rawan serta meningkatkan fungsi tulang.

Dalam pengobatan tradisional daun seledri sering dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri juga dapat melancarkan aliran darah, sehingga sangat bagus bagi penderita diabetes yang aliran darahnya tidak lancar. Penderita diabetes tidak boleh makan sembarang makanan, karena dikhawatirkan kadar gula darahnya akan naik. Karena itu penderita diabetes mungkin tidak bisa mendapatkan nutrisi dan energi yang cukup. Namun dengan mengkonsumsi daun seledri kebutuhan energi dan nutrisi pada penderita diabetes tetap bisa terpenuhi.

Untuk pengobatan diabetes anda bisa mengolah daun seledri menjadi jus dengan tambahan bahan lainnya seperti wortel, apel, atau lemon. Anda juga bisa merebus daun seledri dengan air untuk diminum air rebusannya atau jika suka anda bisa mengkonsumsinya langsung tanpa diolah. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *