Makanan Sehat Penurun Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol dalam darah tergantung pada makanan yang kita konsumsi dan bagaimana tubuh memproduksi kolesterol dalam hati. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Tingginya kadar kooesterol jahat berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk mengantisipasi hal tersebut anda bisa mengkonsumsi makanan sehat penurun kadar kolesterol sebagai salah satu upaya menurunkan sekaligus mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

makanan sehat penurun kadar kolesterol

Jenis-jenis Makanan Sehat Penurun Kadar Kolesterol

Ada beberapa makanan penurun kadar kolesterol yang dapat anda masukan ke dalam menu makanan harian anda dan keluarga, diantaranya :

Salmon
Ikan salmon kaya akan omega 3 yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan tekanan darah tinggi. Kandungan EPA dan DHA dalam ikan salmon juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Agar kolesterol tidak meningkat, hindari memasak ikan salon dengan minyak, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Menurut Lembaga Pengawaan Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat, memakan sekitar segenggam (42,5 gram) kacang almond, hazelnut, kacang tanah, pecan, kacang pinus, kacang pistachio, dan walnut dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Gandum
Gandum mengandung serat yang baik untuk menghambat kemampuan tubuh dalam menyerap kolesterol sekaligus menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, zat beta glucan dalam gandum dapat menyerap dan mengeluarkan LDL dalam tubuh anda.

Alpukat
Alukat merupakan jenis buah yang mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Manfaat lain dari alpukat yaitu mengandung lemak nabati yang membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Bayam
Sayuran hijau ini mengandung banyak zat lutein. Penelitian menunjukkan konsumsi makanan kaya lutein bisa menurunkan resiko serangan jantung, karena lutein membantu membangun dinding arteri dari kolesterol penyebab penyumbatan pembuluh darah.

Kedelai
Kedelai dan makanan olahannya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kadar kolesterol yang ampuh. Kedelai mengandung isoflavon yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang. Makanan berbahan kedelai sebaiknya tidak dimasak dengan minyak goreng biasa, masaklah dengan minyak zaitun agar lebih sehat.

Tomat
Buah tomat kaya akan kandungan likopen. Likopen merupakan senyawa yang memberikan warna merah pada buah tomat. Likopen juga dapat menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh dari kanker. Dalam buah tomat juga terdapat kandungan vitamin B dan kalium yang dapat membantu mencegah stroke, serangan jantung, dan gangguan jantung lainnya.

Brokoli
Brokoli juga termasuk salah satu sayuran penurun kolesterol yang sangat baik. Kandungan serat dalam brokoli dapat menyerap asam empedu. Hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol secara bertahap. Selain itu, serat juga dapat mengontrol kadar gula darah dan juga membantu anda dalam mengelola berat badan.

Dengan mengkonsumsi makanan di atas diharapkan kadar kolesterol anda dapat berkurang dan tetap dalam kadar yang normal. Makanan tersebut juga sangat baik untuk kesehatan dan untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar kolesterol. Beberapa makanan di atas mudah ditemui di pasar atau swalayan, sehingga anda tidak akan repot untuk mencarinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *