Makanan Penambah Darah untuk Penderita Anemia

Anemia adalah penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin di dalam darah. Kondisi ini bisa terjadi karena kekurangan zat besi atau kondisi medis tertentu. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin berperan dalam mengangkut oksigen ke seluruh jaringan di tubuh. Jika kadar hemoglobin kurang maka tubuh bisa kekurangan oksigen yang menyebabkan kinerja tubuh terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan penambah darah yang kaya akan zat besi dan dapat meningkatkan jumlah sel darah merah.

Makanan Sehat Penambah Darah yang Baik untuk Penderita Anemia

 

Makanan Penambah Darah untuk Penderita Anemia

Bagi orang sehat mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi bisa mencegah anemia. Sedangkan untuk penderita anemia mengkonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan jumah sel darah merah sehingga anemia bisa teratasi. Berikut ini beberapa makanan penambah darah untuk penderita anemia :

Bayam
Bayam kaya akan zat besi. Di dalam 225 gram bayam mentah terdapat 0,81 mg zat besi. Tidak hanya kaya akan zat besi, bayam juga mengandung kalsium, serat, vitamin E, protein, dan vitamin A. Bayam bisa dimakan mentah atau dioah terlebih dahulu. Tapi disarankan agar bayam diolah dulu sebelum makan seperti direbus atau ditumis agar nutrisinya lebih mudah diserap tubuh.

Daging
Daging merah seperti daging sapi dan kambing merupakan pilihan lauk yang tepat saat menderita anemia. Selain kandungan zat besinya yang tinggi, daging merah juga mengandung vitamin B12. Anda juga bisa mengkonsumsi daging unggas seperti dada ayam sebagai penambah darah.

Hati
Hati merupakan makanan yang kaya akan zat besi. Hati sapi mengandung setidaknya 5,9 mg zat besi untuk setiap 100 gram. Selain itu, hati sapi juga mengandung nutrisi lain seperti protein, vitamin A, Vitamin C, dan mineral yang sangat lengkap. Namun untuk mengkonsumsi hati sapi, sebaiknya dengan cara yang lebih sehat seperti dicampur dengan sayuran. Anda juga harus memperhatikan porsinya karena hati sapi dapat menyebabkan kolesterol dan asam urat.

Jeruk
Jeruk mengandung cukup banyak vitamin C yang bagus untuk penderita anemia. Vitamin tersebut dapat memperbanyak sel darah merah yang sangat dibutuhkan penderita anemia. Jeruk mengandung serat, asam folat, dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Jambu Biji
Jambu biji ada yang dagingnya berwarna merah dan ada yang berwarna putih. Untuk meningkatkan sel darah merah, sebaiknya anda memilih jambu biji yang berwarna merah. Jambu biji kaya akan vitamin A, B1, dan C serta zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin sehingga sangat berkhasiat sebagai buah untuk penambah darah. Buah ini juga sangat berkhasiat meningkatkan kadar trombosit sehingga sangat berkhasiat untuk penderita demam berdarah.

Apel
Buah ini selain rasanya sangat enak, tenyata berkhasiat juga untuk menambah darah. Bagi anda penderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini secara rutin. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah apel antara lain vitamin A, B, dan C, zat besi, magnesium, kalium, natrium, kalsium, asam folat, seng, dan fosfor. Buah ini juga kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan dan kesehatan jantung.

Tiram
Tiram meruapakan salah satu makanan laut yang baik untuk penderita anemia. Tiram mengandung nutrisi penting seperti zat besi, vitamin B12 dan protein. Nutrisi inilah yang akan mengatasi anemia karena bisa meningkatkan jumlah sel darah merah. Tiram juga mengandung banyak mineral yang sangat baik untuk kesehatan seperti kalsium, magnesium, mangan dan tembaga.

Kedelai
Kedelai merupakan janis kacang-kacangan yang baik untuk mengatasi anemia. Kacang kedelai mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung asam filtrat alami yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Anda bisa mengkonsumsi kacang kedelai dalam berbagai bentuk olahan seperti susu kedelai, tempe atau tahu.

Itulah beberapa makanan penambah darah untuk penderita anemia yang dapat dikonsumsi guna meningkatkan jumlah sel darah merah. Meski demikan anda tetap harus mengkonsumsi makanan tersebut dalam porsi yang pas, jangan sampai berlebihan dan dibarengi dengan mengkonsumsi makanan sehat lainnya agar nutrisi yang didapat seimbang. Selain itu, penderita anemia juga perlu menjalankan pola hidup sehat lainnya seperti rutin berolahraga dan isitirahat yang cukup, agar kondisinya tetap stabil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *