Khasiat Minyak Zaitun untuk Mengobati Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Minyak zaitun terbuat dari buah Olea europaea (pohon zaitun) yang merupakan tanaman tradisional dari wilayah Mediterania. Minyak ini telah digunakan dalam berbagai produk seperti kosmetik, masakan, sabun, bahan bakar, bahkan obat-obatan. Khasiatnya yang sangat tinggi untuk kesehatan membuat minyak zaitun sering digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit, salah satunya untuk mengobati diabetes.

Khasiat minyak zaitun untuk mengobati diabetes telah diakui oleh beberapa penelitian. Bahkan American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan penggunaan minyak zaitun sebagai pengganti asupan lemak yang biasa dikonsumsi seperti mentega, margarin, atau minyak goreng. Penderita diabetes tetap membutuhkan lemak untuk proses metabolisme tubuh. Namun, tentu saja lemak sehat yang mereka butuhkan. Lemak sehat tersebut salah satunya bisa anda dapatkan dari minyak zaitun.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Mengobati Diabetes

Diabetes mrupakan penyakit degenerarif yang sangat berahaya. Penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi, karena adanya gangguan pada sistem metabolisme glukosa, yaitu hormon insulin yang tidak bisa mengubah gula mejadi energi. Oleh sebab itu, penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih dan mengolah makanan, karena makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kadar gula darah. Maka pilihlah makanan yang dimasak dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh dan sebagian besar asam oleat sekitar 55-83%. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung 36 senyawa fenolik yang memiliki efek menguntungkan bagi penderit diabetes. Khasiat minyak zaitun dalam mengobati diabetes antara lain :

Mencegah Resistensi Insulin
Diabetes Care melaporkan bahwa pemberian minyak zaitun pada penderita diabetes mengakibatkan penurunan lemak perut secara signifikan. Tidak hanya itu, penderita diabetes juga mengalami penurunan reistensi insulin dan jumlah hormon adiponektin meningkat. Adiponektin adalah hormon menguntungkan yang diproduksi dan disekresikan oleh sel-sel lemak (adipocytes), yang berperan dalam mengatur gula dan metabolisme lemak, mencegah resistensi insulin, dan memiliki efek antiinflamasi pada sel-sel yang melapisi dinding pembuluh darah.

Menurunkan Kolesterol Jahat
Minyak zaitun mengandung komponen non lemak seperti senyawa fenolik yang bermanfaat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Selain itu, senyawa fenolik dalam minyak zaitun juga memiliki efkek antiinflamasi dan bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah serta mengurangi tingkat pembekuan darah (ateriosklersosis), sehingga mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Mencegah Kerusakan Pembuluh Darah
Senyawa polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun merupakan hidroksitirosol, yang dapat membantu melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dari kerusakan akibat reaksi oksigen yang berlebihan. Hidroksitirosol melindungi pembuluh darah dengan meningkatkan sistem pertahanan antioksidan.

Dengan semua khasiat tersebut tidak heran minyak zaitun banyak dicari oleh semua kalangan termasuk penderita diabetes. Meski demikian masih banyak para hali meragukan khasiat dari minyak zaitun dalam mengobati diabetes, sehingga penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Untuk mengkonsumsinya anda bisa mencampurkan minyak zaitun ke dalam makanan anda, atau mengkonsumsinya secara langsung sebanyak 1-3 sendok teh setiap hari. Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun jenis extra virgin yang biasa digunakan untuk pengobatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *