Khasiat Madu Bagi Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Madu dijuluki sebagai superfood karena kandungan nutrisi dan manfaat yang dimilikinya. Orang sering memanfaatkan madu sebagai obat untuk meredakan batuk, alergi, diare, dan asma. Sebagian orang juga memanfaatkannya untuk berbagai permasalahan kulit, seperti mengatasi jerawat, gatal-gatal, serta menyembuhkan luka. Karena rasanya yang manis, banyak orang beranggapan madu berbahaya dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebenarnya madu juga bermanfaat untuk mengendalikan gula darah. Beberapa penelitian bahkan telah dilakukan untuk membuktikan khasiat madu bagi penderita diabetes.

Penelitian Mengenai Khasiat Madu Bagi Penderita Diabetes

Madu memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, serta mengandung mineral, vitamn B, dan vitamin C. Hasil studi ilmiah yang diterbitkan di NCBI tahun 2009 tentang penggunaan madu pada penderita diabetes tipe 2 telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi madu setiap hari selama 8 minggu dapat memiliki efek menguntungkan pada berat badan dan untuk lipid darah. Kandungan kalori madu yang lebih rendah dibandingkan gula biasa menjadikan madu baik untuk diet.

Khasiat Madu Bagi Penderita Diabetes

Sementara itu, hasil penelitian pada tahun 2014 yang dilakukan pada Jinnah Medical College Hospital, Karachi menunjukan bahwa mengkonsumsi madu lebih aman dibandingkan dengan gula tebu. Penelitian tersebut melibatkan 97 pasien diabetes tipe 2 sebagai sampel dengan membandingkan kadar gula setelah mengkonsumsi 75 gr gula tebu, 30 gr madu, dan 75 gr madu setelah 2 jam. Hasilnya setelah 2 jam, konsumsi 75 gr gula tebu memberikan peningkatan kadar gula sebesar 170 mg/dl, 30 gr madu memberikan peningkatan kadar gula sebesar 30 mg/dl, dan 75 gr madu memberikan peningkatan kadar gula sebesar 85 mg/dl. Kesimpulan dari penelitian ini, mengkonsumsi madu dalam jumlah sedikit baik untuk penderita diabetes.

Ternyata madu juga sudah lama dianjurkan untuk mengobati luka penderita diabetes. Sifat antibakteri dan antiseptik pada madu dapat membuat pertumbuhan bakteri luka gangren terhambat. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada luka dan melancarkan sirkulasi darah. Madu juga dapat membantu pembentukan jaringan kulit, sehingga dapat menghilangkan bekas luka. Cara mengobati luka diabetes dengan madu sangat mudah. Anda hanya perlu mencuci luka terlebih dahulu, kemudian oleskan madu pada luka secara rata dan tipis-tipis. Oleskan jga pada kasa yang digunakan untuk membalut luka. Meski demikian, disarankan bagi anda untuk melakukan perawatan ini di bawah pengawasan dokter.

Dengan semua khasiat tersebut, tentunya madu sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Namun, madu yang dikonsumsi haruslah madu asli yang belum dicampur dengan pemanis buatan atau bahan tambahan lainnya. Pada pasien diabetes, madu asli dapat menurunkan kolesterol, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Madu dapat dijadikan alternatif pemanis untuk menggantikan gula, karena selain lebih baik metabolismenya juga dapat meningkatkan kadar insulin. Meski demikian, anda harus tetap membatasi penggunaan madu. Konsumsi madu yang disarankan untuk menjaga kesehatan adalah satu sendok per hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *