Jenis Minyak yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Selektif dalam memilih makanan sudah menjadi keharusan bagi penderita diabetes. Salah makan sedikit saja, maka kadar gula darah bisa melonjak naik. Selain memperhatikan kandungan gula dan karbohidrat, penderita diabetes juga perlu memperhatikan kandungan minyak dalam makanan. Minyak mengandung tiga jenis asam lemak, yaitu lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak jenuh.

Jenis Minyak yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Menggunakan jenis minyak yang salah bisa berdampak buruk bagi penderita diabetes, karena bisa mengakibatkan menumpuknya lemak dalam tubuh yang menghambat meatbolisme gula. Agar terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya anda memilih minyak yang mengandung lemak sehat yang baik untuk penderita diabetes. Berikut ini ada 5 jenis minyak yang aman dikonsumsi penderita diabetes :

Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Meski tinggi lemak, minyak zaitun tetap sehat karena hanya 14% dari lemak itu berjenis lemak jenuh. Sedangkan sisanya adalah lemak tak jenuh yang dianggap menyehatkan. Mengandung asam oleat, asam palmeat, flavonoid, antioksidan, karoten, oleuropein, vitamin E, dan polifenol. Kandungan nutrisi tersebut membuat minyak zaitun berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat, serta untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Minyak Kelapa
Mengkonsumsi minyak kelapa bisa menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Minyak kelapa dapat membantu memperbaiki kinerja pankreas dan produksi hormon insulin dalam tubuh. Selain itu, minyak kelapa mudah diserap sel-sel tubuh, sehingga metabolisme berlangsung lancar dan anda akan merasa kenyang lebih lama. Konsumsi minyak kelapa secara teratur juga bisa mengurangi neuropati diabetes atau nyeri saraf dan kesemutan yang sering terjadi pada penderita yang sudah cukup parah.

Minyak Kanola
Minyak kanola merupakan salah satu jenis minyak yang diolah dari biji bunga kanola. Bunga ini umumnya tumbuh di wilayah dengan empat musim seperti Eropa. Jenis minyak ini kaya akan asam alpha-linolenic, sejanis asam lemak omega-3 yang juga ditemukan dalam kenari, serta asam lemak tak jenuh tungal yang juga ditemukan dalam zaitun. Selain baik untuk kadar gula darah, minyak ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Minyak Kacang Kenari
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa minyak kacang kenari mengandug asam lemak tak jenuh dan omega 3. Minyak kacang kenari juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan penderita diabetes.

Minyak Flaxseed
Jenis minyak ini mungkin masih terdengar asing  di telinga anda, namun khasiatnya untuk kesehatan tidak bisa dianggap remeh. Minyak falxseed terbuat dari tanaman flaxseed atau di Indonesia dikenal dengan biji rami. Jenis minyak ini sangat kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan daya konsentrasi penderita diabetes.

Dalam menggunakan jenis minyak di atas, usahakan untuk tidak memasaknya dalam suhu tinggi agar kandungan nutrisinya tidak rusak. Gunakan juga makanan sehat yang tinggi serat, serta rendah gula serta lemak jenuh. Dengan demikian kadar gula darah dan kondisi kesehatan anda secara keseluruhan tetap terjaga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *