Diet yang Pas Bagi Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Pola makan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kadar gula darah penderita diabetes. Sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengontrol asupan makanannya. Penderita diabetes sangat dianjurkan melakukan diet. Kebutuhan makanan bagi penderita diebetes tidak hanya sekedar mengisi perut yang lapar, tapi makanan tersebut harus bisa menjaga kadar gula darah. Oleh karena itu jadwal makan, jenis, dan jumlah makanan yang dikonsumsi harus benar-benar diatur sedemikian rupa. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui diet yang pas bagi penderita diabetes.

Diet yang Pas Bagi Penderita Diabetes

Mengetahui jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi atau dihindari sangatlah penting bagi penderita diabetes. Dengan melakukan hal tersebut, maka anda telah melakukan diet untuk penderita diabetes. Diet ini tidak harus menyiksa. Anda hanya perlu disiplin dalam melakukannya. Para dokter umumnya menyarankan penderita diabetes untuk melakukan diet mediterania, diet karbohidrat, atau rendah lemak. Meski demikian sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai diet penderita diebetes. Anda perlu mengetahui diet yang baik bagi diri anda sendiri.

Tujuan dari dilakukannya diet bagi penderita diabetes adalah untuk menjaga kadar gula darah dan menurunkan berat badan yang berlebih. Penderita diabetes harus menentukan sendiri diet yang ampuh sesuai dengan kondisi masing-masing. Sementara dokter hanya berperan untuk mengarahkan makanan apa saja yang dapat mereka konsumsi dan jumlah kalori yang mereka butuhkan.

Agar diet yang anda lakukan membuahkan hasil, berikut ini beberapa tips diet yang pas untuk penderita diabetes :

Makan Teratur dengan Porsi yang Sesuai
Usahakan untuk makan di waktu yang sama setiap harinya dan jangan sampai melewatkan waktu makan baik sarapan, makan siang, maupun makan malam. Selain itu, anda juga harus makan dengan porsi yang pas, jangan sampai berlebihan. Jumlah kalori yang dikonsumsi juga biasanya disesuaikan dengan berat badan.

Perhatikan Asupan Karbohidrat
Karbohidrat yang baik dikonsumsi penderita diabetes adalah karbohidrat kompleks yang mengandung serat tinggi seperti beras merah, gandum, oatmeal, dan ubi. Makanan tersebut membuat anda tidak mudah lapar dan tidak akan menaikkan kadar gula darah. Anda bisa mengganti konsumsi nasi putih dengan makanan tersebut.

Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur
Memperbanyak konsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Buah dan sayur kaya akan serat yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap dalam keadaan stabil. Beberapa jenis buah dan sayur yang baik dikonsumsi penderita diabetes antara lain apel, jambu biji, buah naga, melon, persik, pir, kol, buncis, kacang panjang, pare, paprika, kapri, dan labu.

Konsumsi Makanan Tinggi Protein
Makanan yang mengandung protein tinggi seperti tempe, tahu, susu, telur, keju, ikan dan daging tanpa lemak diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes yang sedang diet. Hal yang harus diperhatikan adalah cara mengolahnya. Sebaiknya anda mengolah makanan tersebut dengan cara dikukus atau dipanggang, jangan digoreng dengan minyak.

Hindari Makanan yang Tinggi Kandungan Gula dan Lemak
Makanan yang tinggi gula dan lemak merupakan pantangan bagi penderita diabetes. Tapi, bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi gula dan lemak sama sekali. Makanan tersebut tetap dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam jumlah sedikit. Anda bisa mengganti gula pasir biasa dengan gula khusus untuk penderita diabetes dan mengkonsumsi lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

Dengan melakukan diet untuk penderita diabetes diharapkan kadar gula darah anda akan tetap stabil. Selain melakukan diet, penderita diabetes juga perlu rutin berolahraga dan melakukan pengecekan kadar gula darah secara berkala. Pengobatan juga harus tetap dilakukan, mengingat penyakit ini beresiko tinggi menyebabkan berbagai komplikasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *