Cara Menurunkan Kadar Gula Darah dengan Kayu Manis

obatdiabeteskronis.org – Kayu manis (cinnamon) merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki rasa manis dan pedas. Rempah ini telah digunakan di Mesir sejak 5000 tahun yang lalu sebagai ramuan obat tradisonal untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya penyakit diabetes. Penderita diabetes cenderung memiliki kadar gula darah yang tinggi. Kayu manis dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes. Untuk mengetahui bagaimana cara menurunkan kadar gula darah dengan kayu manis, simak ulasan berikut ini.

Bagaimana Kayu Manis Menurunkan Kadar Gula Darah ?

Secara umum kayu manis terdiri dari 2 jenis, yaitu kayu manis ceylon dan cassia. Kayu manis yang bermanfaat untuk pendeita diabetes adalah kayu manis cassia. Penggunaan kayu manis ini dinilai dapat membantu melepaskan hormon insulin yang membuat kadar gula darah penderita diabetes terkontrol. Beberapa penelitian juag telah dilakukan untuk membuktikan khasiat kayu manis tersebut.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah dengan Kayu Manis

Menurut hasil penelitian dari dr. Ricahrd Anderson, kayu manis jika dikonsumsi secara rutin dan teratur setiap harinya akan menunjukkan hasil yang positif bagi penderita diabetes. Dimana hal positif ini berupa penurunan kadar gula darah. Selain itu, kayu manis juga membantu mencegah komplikasi akibat gula darah yang tinggi.

Penelitian tersebut melibatkan 60 orang penderita diabetes tipe 2 yang terdiri dari 30 wanita dan 30 pria dengan rata-rata usia 50 tahun ke atas. Dari 60 orang ini dibagi menjadi 6 kelompok yang dipilih secara acak. Kelompok ke 1 mengkonsumsi 1 gr kayu manis/hari, kelompok ke 2 mengkonsumsi 3 gr kayu manis/hari, dan kelompok ke 3 mengkonsumsi 6 gr kayu manis/hari. Sementara itu kelompok ke 4, 5 dan 6 mengkonsumsi kapsul plasebo dengan jumlah yang sama dengan kayu manis yang dikonsumsi kelompok ke 1,2 dan 3. Setelah 40 hari, kelompok yang mengkonsumsi kayu manis turun kadar gula darahnya sebesar 18-29%, trigliserida 23-10%, dan kolesterol 7-27%. Sedangkan kelompok 4,5 dan 6 yang mengkonsumsi pil plasebo tidak mengalami penurunan kadar gula darah, trigliseida, maupun kolesterolnya.

Sebenarnya penggunan kayu manis sebagai cara menurunkan kadar gula darah ini cukup aman. Namun ada fakta yang perlu anda ketahui mengenai kayu manis. Kayu manis mengandung senyawa kuramin dan senyawa ini tidak bagus untuk orang yang memiliki gangguan atau sakit liver. Karena itu, sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan kayu manis, terutama jika anda sudah mengalami kompliasi akibat diabetes.

Untuk menurunkan kadar gula darah, anda cukup  mengkonsumsi 1 sendok teh kayu manis per hari secara teratur. Cukup taburkan kayu manis pada makanan atau minuman yang anda konsumsi. Namun penting diingat bahwa kayu manis tidak akan menyembuhkan penyakit diabetes anda, kayu manis hanya dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan metabolisme glukosa. Anda juga harus mengontrol makanan yang anda konsumsi dan melakukan pengobatan yang dianjurkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *