Cara Mencegah Timbulnya Luka pada Kaki Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Penderita diabetes rentan terkena berbagai komplikasi. Salah satu yang paling sering dialami penderita diabetes adalah luka pada kaki atau sering disebut ulkus diabetikum. Agar terhindar dari masalah komplikasi tersebut, alangkah baiknya penderita diabetes mengetahui cara mencegah timbulnya luka pada kaki penderita diabetes yang akan dibahas kali ini.

Cara Mencegah Timbulnya Luka pada Kaki Penderita Diabetes

Peredaran darah yang tidak lancar akibat penumpukan gula darah mengakibatkan luka pada penderita diabetes sulit untuk sembuh. Secara alami aliran darah di kaki tidak selancar aliran darah pada bagian atas. Hal tersebut dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi dan posisi yang menggantung. Peredaran darah akan semakin terganggu karena kondisi diabetes. Kerusakan saraf pada penderita diabetes menyebabkan penderitanya sering tidak menyadari saat kakinya terluka, sehingga menyebabkan terlambatnya penanganan luka.

Luka pada kaki penderita diabetes biasanya diawali dari luka kecil seperti akibat tergores benda tajam atau karena alas kaki yang kurang nyaman. Jika tidak ditangani dengan tepat lama kelamaan luka tersebut akan semakin melebar dan menganga. Luka pada penderita diabetes juga rentan terkena kuman yang bisa menyebabkan infeksi. Hingga pada akhirnya bagian kaki yang terluka bisa membusuk, sehingga penderita diabetes terancam diamputasi. Infeksi juga bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga bisa berakibat fatal.

Meski demikian penderita diabetes jangan terlalu khawatir. Anda masih bisa mencegah kaki anda terluka dengan rajin melakukan perawatan pada kaki dengan tips-tips berikut ini :

  • Selalu gunakan alas kaki dan kaos kaki saat berjalan dan beraktivitas. Periksa kondisi alas kaki dan kaos kaki sebelum dipakai apakah ada benda tajam di dalamnya yang bisa saja melukai kaki.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, agak longgar, dan terbuat dari bahan yang halus. Hindari penggunaan alas kaki yang sempit atau terlalu pas.
  • Cuci kaki sehabis beraktivitas dengan sabun dan air hangat. Jangan merendam kaki anda karena akan membuat kulit rusak dan mudah terkena infeksi. Setelah itu, kaki harus dikeringkan dengan benar sampai ke sela-sela jari kaki agar tidak terinfeksi jamur.
  • Oleskan pelembab pada kaki untuk mencegah kulit kering, tapi jangan oleskan pelembab ke sela-sela jari.
  • Gunting kuku jari kaki anda setiap bulan dengan arah lurus. Kikir ujung-ujung kuku yang tajam dengan pengikir kuku dan jangan menggunting kutikula kuku anda.
  • Selalu cek kondisi kaki anda setiap hari apakah terdapat bercak merah, kapalan, luka, kuku yang tumbuh menusuk ke jari kaki, kuku kuning dan rapuh, pembengkakan kaki, kulit kaki pecah ataupun melepuh. Perhatikan juga warna kulit kaki menjadi biru atau hitam. Hal ini menandakan aliran darah yang buruk sehingga membutuhkan penanganan segera.
  • Untuk menjaga aliran darah ke kaki agar tetap lancar, angkat kaki anda saat duduk, lalu gerakkan jari-jari kaki dan pergelangan kaki ke atas dan ke bawah selama 5 menit sebanyak 2-3 kali sehari. Selain iu, jangan melipat kaki anda dalam waktu lama.

Luka pada kaki penderita diabetes sebenarnya masih sembuh jika diobati dengan tepat. Dengan melakukan pengobatan yang teratur luka bisa berangsur pulih. Kunci untuk penyembuhkan luka kaki penderita diabetes adalah luka harus dalam keadaan bebas kuman, jamur, bakteri dan mikroorganisme lainnya. Penderita diabetes juga harus menurunkan kadar gula darah agar proses penyembuhan luka lebih cepat. Untuk pengobatan luka kaki diabetes yang efektif kami sarankan anda untuk menggunakan produk obat luka diabetes QnC Jelly Gamat yang berkhasiat mengobati luka pada kaki penderita diabetes dari dalam dan luar. Untuk mengetahui informasi selengkapnya Klik Disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *