Cara Mencegah Komplikasi Akibat Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Diabetes merupakan gangguan metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Penyakit ini disebabkan oleh resistensi insulin, akibatnya metabolisme glukosa menjadi terganggu. Diabetes jika tidak segera diobati bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Hal ini merupakan salah satu yang paling ditakuti oleh penderita diabetes. Meski demikian, bukan berarti penderita diabetes tidak bisa hidup normal. Komplikasi pada penderita diabetes masih bisa dicegah dengan tetap menjaga kadar gula darah dalam keadaan stabil.

cara mencegah komplikasi akibat diabetes

Kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, saraf, dan organ tubuh. Diabetes termasuk penyakit yang berkembang secara bertahap dan bisa memicu komplikasi jika penderitanya tidak mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Komplikasi yang biasanya terjadi pada penderita diabetes diantaranya penyakit jantung, stroke, masalah pada kaki, kebutaan, kerusakan ginjal, dan gangguan kulit. Kondisi komplikasi inilah yang banyak menyebabkan kematian pada penderita diabetes.

Untuk menghindari dari resiko komplikasi tersebut, berikut ini ada beberapa cara mencegah komplikasi akibat diabetes, diantaranya :

Cermat dalam Mengkonsumsi Karbohidrat
Penderita diabetes bukan tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat, namun mereka harus cermat dalam memilih jenis makanan karbohidrat. Pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang dicerna tubuh secara perlahan, sehingga kadar gula darah tidak naik sekaligus. Anda bisa mengkonsumsi beras merah, gandum, atau kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih.

Kurangi Konsumsi Garam
Mengurangi asupan garam dalam makanan dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi ginjal anda. Hindari juga konsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji yang sudah pasti mengandung garam yang tinggi. Penderita diabetes dianjurkan untuk membatasi asupan garam kurang dari 2300 mg per hari.

Rutin Berolahraga
Lakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari. Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan kaki, atau bersepeda. Olahraga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat mengurangi resiko komplikasi penyakit yang berhubungan degan kardiovaskular dan tekanan darah, sekaligus menjaga berat badan yang ideal.

Tidur yang Cukup
Penderita diebetes harus memiliki waktu tidur yang cukup untuk menjaga kadar gulanya tetap stabil. Terlalu banyak atau kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk makan makanan tinggi karbohidrat. Hal ini bisa menyebabkan kelebihan berat badan dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Mengelola Stress
Pada penderita diabetes stress bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat. Anda bisa mengelola stress dengan melakukan relaksasi seperti latihan pernapasan, yoga, dan meditasi. Selain itu, anda bisa mengalihkan stress dengan melakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan serta berbincang-bincang dengan teman atau keluarga.

Rutin Periksa Gula Darah
Mengecek kadar gula darah secara berkala dapat mecegah anda dari komplikasi. Dengan mengecek kadar guladarah secara rutin anda akan tahu makanan atau kegiatan apa saja yang mempengaruhi kadar gula darah, sehingga kondisi anda tetap terpantau.

Turunkan Berat Badan
Jika anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin. Hal ini akan membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan energi. Anda bisa menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan lemak pada makanan anda.

Segera Obati Luka
Luka sekecil apapun pada penderita diabetes bisa menjadi masalah jika tidak segera diobati. Luka pada penderita diabetes cenderung sulit untuk sembuh dan rentan terkena infeksi. Jika anda mengalami luka segera bersihkan dan gunakan antibiotik serta perban luka dengan kassa yang steril. Segera periksakan ke dokter jika tidak membaik dalam beberapa hari.

Mengingat bahaya yang ditimbulkan dari komplikasi diabetes, sebaiknya mulai saat ini anda menerapkan pola hidup yang lebih sehat dengan melakukan langkah-langkah di atas. Selain itu, anda juga harus tetap melakukan pengobatan dan menghindari hal-hal yang bisa memicu naiknya kadar gula darah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *