Benarkah Gula Aren Aman untuk Penderita Diabetes ?

obatdiabeteskronis.org – Salah satu penyebab penyakit diabetes adalah pola makan yang tidak sehat. Penderita diabetes biasanya akan menjauhi makanan manis yang mengandung gula agar kadar gula darahnya tidak naik. Gula banyak jenisnya mulai dari gula pasir, gula batu, gula halus, dan gula merah. Ada salah satu jenis gula yang dianggap lebih aman untuk penderita diabetes dibanding jenis gula lainnya, yaitu gula aren. Benarkah gula aren aman untuk penderita diabetes ? Untuk mengetahui kebenarannya simak penjelasan berikut ini.

Perbandingan Kandungan Nutrisi Gula Aren dan Gula Pasir

Gula aren merupakan pemanis alami yang terbuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon aren. Berbeda dengan gula pasir, gula aren berwarna khas merah dan bertekstur lebih kasar. Di beberapa daerah Indonesia gula aren sudah menjadi bahan konsumsi utama. Gula alami ini biasanya digunakan sebagai bahan pemanis makanan dan minuman.

benarkah gula aren aman untuk penderita diabetes ?

Berdasarkan hasil uji coba laboratorium, gula aren mengandung kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir. Meskipun tidak cukup tinggi, namun kandungan kalori pada gula aren mampu memberikan tenaga dan energi yang cukup. Kandungan sukrosa dalam gula aren sebesar 70-79%, termasuk di dalamnya adalah kandungan glukosa dan fruktosa masing-masing sekitar 35%. Angka ini terbilang lebih rendah dari gula putih yang mengandug sukrosa sebesar 99,9-100%, termasuk di dalamnya 50% glukosa dan 50% fruktosa.

Indeks glikemik pada gula aren sebesar 35. Angka ini hampir dua kali lebih rendah dibandingkan indeks glikemik gula pasir yang mencapai 60-65. Namun, perlu diingat bahwa indeks glikemik pada makanan yang sama dapat berbeda tergantung pada sumber pengujiannya. Angka ini juga bisa berbeda tergantung pada pengolahan dan dikonsumsi dengan makanan apa. Misalnya, indeks glikemik gula aren yang sebenarnya rendah dapat menjadi tinggi jika dikonsumsi dengan bahan makanan lain yang mangandung karbohidrat.

Karena tidak melalui proses pemurnian, gula aren kaya akan vitamin. Selain itu, gula aren juga memiliki lebih banyak mineral alami dari pada gula pasir. Gula aren mengandung vitamin B, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan sodium. Kandungan tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit, tidak mudah lelah, dan fungsi organ tubuh optimal.

Meskipun gula aren relatif lebih aman dari gula pasir, sebaiknya penderita diabetes tetap membatasi konsumsi gula aren. Karena gula aren masih aman untuk dikonsumsi hanya dalam batasan yang wajar. Selain itu, anda juga perlu berhati-hati dalam membeli gula aren karena bisa saja sudah dicampur dengan gula pasir atau bahan lainnya yang bisa membuat indeks glikemiknya naik. Anda juga bisa mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter untuk mengetahui batas konsumsi gula yang aman. Jika anda penderita diabetes yang sangat ingin menyantap makanan manis, anda bisa memilih makanan alternatif yan lebih sehat seperti salad buah atau buah segar. Dengan demikian kadar gula darah anda tidak akan melonjak naik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *