Alternatif Karbohidrat Sehat Untuk Penderita Diabetes

obatdiabeteskronis.org – Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Mengkonsumsi karbohidrat merupakan kebutuhan setiap orang, termasuk penderita diabetes. Mengingat kandungan gula yang terdapat pada karbohidrat, penderita diabetes harus cermat dalam memilih jenis makanan karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi dan tepung terigu sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya ada beberapa jenis makanan alternatif karbohidrat sehat untuk penderita diabetes yang baik untuk dikonsumsi. Jenis makanan ini diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan tentunya tidak menaikan kadar gula darah.

Alternatif Karbohidrat Sehat Untuk Penderita Diabetes

Senyawa karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang tersusun atas 3 atau lebih molekul gula yang saling terikat dalam satu rangkai molekul. Karena struktur kimianya lebih rumit, waktu untuk mencerna karbohidrat ini akan lebih lama dibanding karbohidrat sederhana. Akibatnya kadar gula darah tidak akan melonjak tinggi dan akan naik secara perlahan-lahan.

Berikut ini beberapa jenis makanan karbohidrat sehat yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes :

Beras Merah
Salah satu jenis karbohidat yang populer untuk penderita diabetes adalah beras merah. Beras merah berbeda dengan beras putih yang akan diubah menjadi gula dalam waktu singkat, proses pecernaan beras merah lebih lama. Menurut ahli gizi beras merah ini termasuk jenis karbohidrat kompleks yang bisa menceah kenaikan kadar gula darah secara signifikan.

Gandum
Gandum merupakan salah satu makanan terbaik untuk penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada gandum dapat mengontrol kadar gula darah. Serat juga akan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mengkonsumsi gandum bisa mencegah penderita diabetes dari obesitas. Biasanya gandum diolah menjadi oatmeal atau roti. Tapi, perlu diingat jangan menambahkan gula saat menyantap makanan tersebut.

Kentang
Selain sangat baik untuk diet, kentang juga bia dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Namun cara mengolah kentang yang salah dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Proses mengolah kentang dengan cara menggoreng merupakan cara yang salah, karena bisa membuat kentang mengandung lemak dan kolesterol jahat. Cara terbaik dalam mengolah kentang adalah dengan cara direbus atau dikukus.

Talas
Meski tidak sepopuler makanan karbohidrat lainnya, talas juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Kandungan terbesar dalam talas adalah protein dan karbohidrat. Selain dapat mengontrol kadar gula darah, talas juga dapat mencegah resiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Talas sebaiknya diolah dengan cara direbus tanpa campuran apapun.

Kacang-kacangan
Kacang adalah asupan sehat yang seharusnya menjadi bagian dari pola makan. Pada mereka yang menderita diabetes, rutin mengkonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah seperti kacang terbukti dapat menurunkan kadar gula darah. Kacang diketahui berisi nutrisi yang padat, kaya serat dan juga protein. Pada penderita diabetes kacang bukan hanya mengontrol gula darah, tapi juga berdampak signifikan pada tekanan darah dan kesehatan jantung. Jenis kacang yang disarankan antara lain kacang almond, mete, polong, dan kacang kenari.

Dengan mengkonsumsi makanan di atas diharapkan penderita diabetes bisa tetap bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dan mengontrol kadar gula darahnya. Namun perlu diingat, konsumsilah makanan tersebut dalam prosi yang cukup, jangan sampai berlebihan. Selain mengkonsumsi makanan di atas, anda juga perlu mengkonsumsi makanan sehat lainnya guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *